,

 

TEGAL


Jumat, 04 Oktober 2013 - 15:41:03 WIB dibaca 241 Kali

Kecewa Pemilukada, Massa Duduki KPUD

BERITASEPUTARTEGAL.Com, Kota Tegal- Ratusan massa pengunjuk rasa dengan beringas melemparkan apa saja kepada barikade yang berjaga di depan kantor Komisi Permilihan Umum (KPU). Mereka tidak terima dengan hasil akhir Pemilukada.

Aksi saling dorong antara massa dan petugas kemudian tidak terelakan. Karena terdesak, petugas menembakan water cannon dan gas air mata untuk memecah konsentrasi, serta diikuti pasukan anti huru-hara dengan herdernya. Massa akhirnya kocar-kacir, sebagian terluka dan harus dilarikan ke Rumah Sakit terdekat dengan mobil ambulance. Massa akhirnya bisa ditenangkan.

Tidak berhenti di situ, di depan kantor Panwaslu, ditemukan bingkisan yang diduga bom. Jelang beberapa menit, datang mobil Tim Gegana, dengan penuh kesigapan, bom akhirnya bisa dijinakan.

Demikian sekelumit gambaran simulasi penanganan aksi unjuk rasa dalam menghadapi Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati Tegal yang dilaksanakan oleh gabungan Polri, serta TNI dan Linmas Kota dan Kabupaten Tegal di depan Tugu Pancasila, sebelah timur Alun-alun Tegal, Jum’at (4/10).

Walikota Tegal H. Ikmal Jaya, SE, Ak mengatakan Pemkot Tegal mendukung apa yang dilakukan oleh TNI-Polri dalam rangka mengamankan Pemilukada. Ikmal berpesan, baik warga Kota maupun Kabupaten Tegal, dalam Pemilukada mendatang untuk tidak melakukan tindakan anarkis.

“Kepada seluruh warga Kota dan Kabupaten Tegal, jangan coba-coba untuk melakukan tindakan anarkis. Pilihan boleh berbeda, tapi tetap menjaga kekompakan dan kondusifitas,” tegasnya.

Soal pengunjuk rasa, Kapolres Tegal Kota AKBP Darmawan Sunarko, SIK menegaskan jajarannya sangat siap untuk menghadapi itu. Mulai dari yang lunak, anarkis, hingga penjinakan bahan peledak. “Penjagaan objek vital juga sudah dilakukan oleh TNI, jadi kita bersinergi dengan itu. Imbuhnya.

Darmawan melanjutkan, untuk perusuh, akan diberi tindakan keras dengan tembak lumpuh. Sebanyak 600 personil gabungan TNI, Polri dan Linmas disiapkan untuk mengamankan Pemilukada Kota Tegal.

Sementara itu, untuk di Kabupaten, Kapolres Tegal AKBP Tommy Wibisono, SIK menyampaikan jajarannya menyiapkan 1000 personil. “Kami juga meminta perkuatan dari Polres tetangga, seperti Pemalang, Polres Brebes, dan dari Polda,” ujarnya.

Di atas panggung, tampak hadir Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota serta Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang masing-masing akan memperebutkan kursi G-1 dan G-2 di Kota dan Kabupaten Tegal pada Pemilukada 27 Oktober mendatang. (laporan/foto: K. Anam Syahmadani)


BERITA LAINNYA


0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama
Website
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

 

RUBRIK


TEGAL BREBES SLAWI
POLITIK PEMILU PROFIL
GAYA HIDUP EKO-BISNIS PENDIDIKAN
KULINER

PROFIL


Tentang Kami
Redaksi
Info Iklan
Ketentuan Khusus
Hubungi Kami

Jln.Gatot Subroto  NO.43 Tegal Selatan,Tegal.                      Telp. (0283) 321 662, Fax: (0283) 321 662  

Facebook: http://www.facebook.com/beritaseputartegal       Twitter: @KoranTegal             

Email:   beritaseputartegal@yahoo.co.id